Embung Tegaltirto

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang Embung Tegaltirto. Secara umum, embung merupakan bangunan yang berguna sebagai penampung air dan atau meninggikan muka air yang sumber mata air asalnya dari mata air, curah hujan atau run off, sungai dan juga sumber air lain untuk suplai air irigasi. Embung ini umumnya berupa waduk dengan ukuran mikro di lahan pertanian atau small farm reservoir yang mana didirikan untuk menampung kelebihan air hujan yang ada di musim hujan. 

Air yang ditampung ini berikutnya dipakai sebagai sumber irigasi suplementer untuk budidaya komoditas pertanian dengan nilai ekonomi yang tinggi ( high added value crops) di musim kemarau atau di saat curah hujan sudah makin jarang. Embung adalah salah satu teknik untuk pemanenan air atau water harvesting yang cukup sesuai di semua jenis agroekosistem. Di lahan rawa namanya pond yang berguna sebagai tempat menampung air drainase ketika kelebihan air di musim hujan dan sebagai sumber air irigasi di musim kemarau.

Sedangkan pada ekosistem tadah hujan atau lahan kering dengan intensitas dan juga distribusi hujan yang tak merata, embung bisa dipakai sebagai menahan kelebihan air dan menjadi sumber air irigasi di musim kemarau. Secara operasional sejatinya embung berguna untuk mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan jumlah air untuk kebutuhan tanaman atau ternak di musim kemarau dan juga penghujan.

Embung Tegaltirto

Telaga Tegaltirto, Keindahan yang Jarang Dijamah

Embung Tegaltirto – Nah, berbicara mengenai embung, embung tidak hanya difungsikan sebagai tempat penampungan air saja, akan tetapi juga sebagai tempat wisata. Salah satunya berada di Yogyakarta, wisata alam di Yogyakarta ini memang cukup memadati banyaknya media yang membagikan. Dari semua tempat yang telah terkenal sampai yang masih tersembunyi makin menarik perhatian pengunjung dari hasil beredarnya foto-foto wisata tersebut di media sosial.

apabila kalian ke Jogja ke area Sleman tentu akan terbesit untuk ke wilayah Kaliurang. Tak hanya Kaliurang saja, ada banyak wisata Embung lain yang juga dapat dinikmati. Salah satunya yakni Embung Tegaltirto

Telaga Tegaltirto atau juga populer dengan sebutan Telaga Tegalrejo merupakan salah satu wisata alam di Kab. Sleman yang bisa menarik untuk dikunjungi sebagai referensi wisata khususnya untuk anda para anak muda Jogja. Suatu waduk buatan atau embung ini merupakan kolam raksasa yang didirikan oleh Pemerintah Daerah Sleman di area Berbah. Didirikan di atas lahan yang kritis pas di tepi aliran Sungai Opak embung ini mempunyai kegunaan utama sebagai daerah konservasi air yang bisa membuat pulih kondisi kritis.

Lokasi Telaga Tegaltirto Ini Menjadi Tempat Mampir Sesudah dari Lava Bantal

Embung Tegaltirto ini ada di dusun Candirejo, desa Tegaltirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, di Yogyakarta. Lokasinya cukup dekat dengan objek wisata yang ada tak jauh dari embung yaitu Wisata Lava Bantal. Rute untuk bisa ke lokasi cukup mudah dari kota Yogyakarta menuju ke arah timur menuju ke Prambanan lalu ambil kanan ke arah Piyungan berikutnya ada pertigaan kecil menuju ke wisata Lava Bantal. lalu susur aliran pipa yang ada di dekat jembatan hingga ke Telaga Tegaltirto.

Sejarah Embung Tegaltirto

Telaga Tegaltirto atau Telaga Tegalrejo ini didirikan pada tahun 2012 yang lalu diresmikan pada tahun 2014. Peresmian ini dilaksanakan oleh Bupati Kab. Sleman. Lalu pembangunan embung tahap 2 dilaksanakan pada akhir tahun 2015 dengan adanya pembangunan saluran air dan juga instalasi dari aturan air.

Didirikan di atas lahan kritis dengan luas 6000 meter persegi embung ini ada di dekat aliran Sungai Opak. Telaga Tegaltirto ini bentuknya persegi yang cukup simetris dan tidak mengikuti kontur tanah yang ada di sekitaran embung. Apabila dilihat Embung Tegaltirto tak sebegitu menarik seperti embung yang lain yang juga ada di Jogja seperti Embung Potorono dan Embung Sendangtirto. Sebab jika embung ini dibentuk sesuai dengan kontur tanah maka bisa saja bentuknya akan jauh lebih menarik.

Telaga Tegaltirto ini mempunyai daya tampung sejumlah 12.000 meter kubik, yang mana harapan dari didirikannya embung ini yaitu bisa mengairi area sawah dengan memiliki luas sekitar 65 hektar yang ada di sekitarnya. Fasilitas pendukung dari wisata embung ini masih belum didirikan sebab masih berpusat pada saluran irigasi.

Embungnya Masih Sedikit Pengunjung, Biasanya Dijadikan Lokasi Memancing

Embung Tegaltirto – Embung yang bisa dikatakan masih baru ini masih mempunyai pengunjung yang bisa dikatakan sedikit. Alasannya sebab pembangunan area wisata belum semuanya selesai. Pengunjung yang hadir juga umumya hanya sekadar berkeliling lalu meninggalkan area. Sedangkan aktivitas lain seperti memancing belum cukup banyak terlihat di area Telaga Tegaltirto. Sebab embung ini belum ada penyebaran bibit ikan.

Sembari melakukan perkembangan bertahap, Telaga Tegaltirto ini memang masih masuk perencanaan untuk dikembangkan menjadi wisata terpadu dengan wisata Lava Bantal. Harapannya wisata Telaga Tegaltirto ini juga dapat menjadi area wisata alternatif bagi para wisatawan atau jika dapat menjadi tempat ‘mampir’ sesudah dari Lava Bantal, Candi Abang atau Bukit Teletubbies, dan wisata yang ada di Berbah lainnya.

Embung Tegaltirto

Kawasan Wisata Lava Bantal

Sebelum diresmikan sebagai salah satu situs Geoheritage di DIY, lava bantal di Berbah yang berada  di Kali Opak perbatasan Desa Jogotirto dengan Desa Kalitirto Kec. Berbah Sleman ini pada awalnya sering dijadikan tempat buang sampah liar. Akan tetapi sekarang sampah liar itu telah berkurang.

Lava bantal mempunyai arti penting sebagai konstruksi awal gunung api tua yang dulunya terjadi di laut, pra erupsi super. Situs yang bersebelahan dengan Embung Tegaltirto ini menjadi produk gunung api purba yang berada bawah laut. Sekarang ini, kondisi dari atas lava bantal tak ada vegetasi, hanya saja tumbuh semak belukar dan sering dianggap sebagai tempat pembuangan sampah liar.

Selain menjadi objek wisata yang unik, Lava Bantal juga seringkali dijadikan obyek penelitian demi kepentingan studi. Keunikan bebatuan lava di aliran Sungai Opak ini sebab terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang beku dan kontak langsung dengan air sehingga mengakibatkan mineralnya membentuk geometri mirip bantal tumpukan, masyarakat setempat sering menyebut sebagai wisata lava bantal.

Sedangkan embung Tegaltirto atau Telaga Candirejo ini didirikan sejak tahun 2012 ini. Dulunya diresmikan oleh Bupati Sleman, Bapak Sri Purnomo pada tahun 2014. Dengan luas kurang lebih enam ribu meter persegi dan lokasinya berada di Dusun Candirejo, Desa Tegaltirto, Kec. Berbah, embung ini dibuat untuk kebutuhan irigasi 65 hektar sawah di sekitaran Kec. Berbah.

Wisata Embung

Embung Tegaltirto – Sejauh ini Telaga Candirejo sekadar dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat memancing. Lantas melihat potensi daya tariknya yang cukup tinggi, embung ini juga nantinya dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi dan konservasi air sebab posisinya tak terlalu jauh dari laboratorium alam lava bantal yang mana adalah lapisan tanah jawa yang pertama kali dibentuk. Lalu dikombinasikan juga dengan wisata yang berada di Gunung Bangkel yang umumnya dipakai sebagai area outbond dan offroad dan juga potensi wisata budaya seperti seni tari ketoprak, wayang ataupun gejog lesung yang sampai kini masih dilestarikan di Candirejo ini.

Lava bantal memang akan dijadikan sebagai area wisata terpadu. Di mana lava bantal akan disatukan dengan Telaga Tegaltirto dan Desa Jogotirto. Pembangunan embung yang sempat berhenti pada tahun 2013 yang lalu dikarenakan adanya situs lava bantal.

Sebab debit air di Embung Tegaltirto cuma 6 liter per detik, maka air dari kali opak wajib dinaikkan. Akan tetapi untuk bisa menaikkan air ternyata malah menabrak situs lava bantal, jadi pembangunan embung dulunya sempat terhenti. Sekarang Telaga tegaltirto telah bisa anda nikmati keindahannya.

Ke depannya, lava bantal akan dijadikan area wisata terpadu yang mana mengikutsertakan tiga desa, yakni Jogotirto, Kalitirto dan Tegaltirto. Harapannya, sesudah jadi area wisata terpadu dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dan warga setempat.

Berkunjung ke Embung Tegaltirto merupakan sebuah alternatif ketika anda berkunjung ke lava bantal. Ini bisa jadi sebuah penutup yang manis dari liburan anda. Makanya, tidak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, keindahan yang ada di sini ada banyak sekali, anda bisa menikmatinya dengan gratis. Tentang air dan alamnya, anda akan terpukau dengan apa yang ada di sini, sekali lagi, ini akan menjadi satu perjalanan yang menyenangkan. 3 naga wisata


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.