Siapa yang menduga bahwa Situs Warungboto yang dulunya cuma reruntuhan dan puing terbengkalai, sekarang dapat menjadi bangunan yang estetik. Keunikan bangunannya ini membuat pengunjung jadi berdatangan. Sekilas, konstruksi dari  bangunan ini mirip dengan Istana Air di Taman Sari: dindingnya memiliki tingkat ketebalan yang tinggi, aksen lengkung-lengkungnya yang cukup menarik di tiap bagian atas pintu atau jendela, lebih-lebih sebab di bagian tengah ada bekas kolam.

Kolam ini kemudian terbagi menjadi dua, yakni yang bentuknya mirip dengan lingkaran dan satu lagi bentuknya membujur sangkar lebar memenuhi satu ruangan penuh. Kedua kolam ini kemudian saling berhubungan. Di bagian tengah ruangan ini yang dipakai Kahiyang dan Bobby berpose foto saat prewedding.

Situs Bangunan Warungboto mempunyai nama asli Pesanggrahan Rejowinangun. Pesanggrahan mempunyai kegunaan sebagai rumah peristirahatan dari keluarga kerajaan. Maka dari itu fungsinya yang sebagai tempat istirahat, maka Situs Bangunan Warungboto didesain dengan adanya kolam dan taman.

Situs yang bertempat di tengah pemukiman warga ini kini hanya berupa reruntuhan dan puing bangunan yang terlihat tidak terawat sebelum direnovasi. Walaupun sekarang ini cat di dindingnya telah memudar, juga banyaknya noda hitam, Situs Bangunan Warungboto tetap terlihat indah dengan apa adanya dia sekarang ini.

Pintu sisi kanan dan juga kiri di belakang kolam itu akan membuat siapa saja yang hadir ingin segera melaluinya. Anda bisa memilih pintu yang kiri (apabila dilihat dari pintu masuk). Anak-anak tangga di lorong itu kemudian akan mengantarkan anda ke atas bangunan Situs Bangunan Warungboto. Ada sepetak ruangan yang tidak diberi atap dengan sekat setinggi pinggang. Dari sini anda dapat melihat dengan jelas lanskap langit senja yang merah merekah. Pikiran anda masih dihinggapi penasaran dengan bangunan di sisi kanan dan juga kiri bekas kolam

Anda akan melihat pengunjung-pengunjung lain di Situs Warungboto yang mana sedang mengabadikan momen di bangunan yang bertingkat dua itu. Jika anda ingin ke sini, anda akan menemukan berbagai macam keindahan yang ada. Anda bisa mengambil jalan di sebelah kiri. Bangunan di lantai dua ini juga ada sepetak ruangan. Dari sisi ini anda juga masih dapat melihat senja. Ah, senja di Situs Bangunan Warungboto memang terbayang indah di kejauhan mata.

Jika matahari sudah tidak terlihat lagi, sudah kembali ke peraduan. Waktunya anda harus mengundurkan diri dari Situs Bangunan Warungboto untuk perjalanan yang menarik ini. Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, tak perlu bingung untuk menghibur diri ke mana. Sebab, banyak sekali tempat wisata yang gampang ditemukan, dari pusat kota sampai di desa. Salah satu objek wisata yang baru-baru ini dibuka yaitu Situs Bangunan Warungboto.

Situs Bangunan Warungboto ini bertempat di tengah Kota Jogja, persisnya berada di Umbulharjo. Objek wisata ini adalah peninggalan sejarah yang dulu dibangun oleh keluarga keraton. Pada saat ini, area situs sudah dibersihkan dan direnovasi sehingga bisa dikunjungi wisatawan. Pastinya tempat ini cukup menarik sebab bangunannya yang unik dan instagramable.

Situs Warungboto

Harga Tiket Masuk Situs Bangunan Warungboto Jogja

Sekarang ini, untuk masuk ke Situs Bangunan Warungboto tak dikenai biaya. Akan tetapi, pengunjung hanya akan dikenai biaya tarif parkir saja.

Jam Operasional

Seperti Tamansari, disini pun tak mempunyai atap. Hanya berbentuk bangunan berdinding batu yang cukup tinggi. Maka dari itu, siang hari di sini begitu panas. Sebaiknya, berkunjunglah ketika pagi atau sore hari agar tak terbakar teriknya sinar matahari.

Keindahan Bangunan Situs Warungboto Jogja

Situs Warungboto Jogja ini awal dibenahi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di tahun 2016. Situs ini mempunyai nama asli Pesanggrahan Rejowinangun. Nama pesanggrahan dipakai sebab memang tempat ini awalnya didirikan sebagai tempat kediaman dari keluarga keraton. Di mana di dalamnya dibangun juga taman dan tempat pemandian.

Pada awal ditemukannya, tempat ini berbentuk puing-puing yang tak beraturan. Lalu dilaksanakan pembersihan dan penataan kembali sehingga sekarang sudah rapi. Apalagi, tempat ini menjadi viral karena sebelumnya dijadikan lokasi foto pre-wedding Kahiyang Ayu, Putri Presiden Joko Widodo. Semenjak itulah, situs ini langsung ramai didatangi oleh para pengunjung.

Tidak mengherankan, sebab objek wisata ini mempunyai spot foto yang cukup menarik. Bangunan tua yang berdiri kuat, dengan gaya arsitektur yang cukup unik. Sayang apabila datang ke sini tak mengabadikannya di dalam foto.

Sejarah Singkat Situs Bangunan Warungboto Jogja

Situs Bangunan Warungboto adalah petilasan yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Lalu, pembangunannya ini kemudian dilanjutkan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Pada awalnya, tempat ini khusus dijadikan sebagai tempat untuk pemandian. Disebabkan adanya sumber mata air yang ada di lokasi tersebut.

Jika terhitung dari tahun masehi, Situs  Bangunan Warungboto didirikan mulai tahun 1785. Untuk bangunan yang didirikan pada tahun tersebut, situs ini cukup indah. Bentuk bangunannya yang tertata dengan estetik dan begitu presisi. Di sisi lain, bangunan ini juga mementingkan nilai estetika dengan adanya taman di sekitar kolam.

Baca juga:

Pesona Embung Srinten

Menjelajahi Bangunan Situs Bangunan Warungboto Jogja

Situs Bangunan Warungboto didirikan sebagai tempat peristirahatan oleh para keluarga kerajaan. Sebab digunakan sebagai tempat untuk peristirahatan, tempat ini didirikan dengan menekankan pada kenyamanan dan juga ketenangan. Maka dari itu, di dalam Situs Warungboto ada taman, segaran, kolam, serta kebun. Didasarkan pada identifikasi yang dilaksanakan oleh BPCB DIY, situs ini didirikan memakai batu bata.

Situs ini dirikan di kedua sisi, yakni sisi barat dan sisi timur Sungai Gajah Wong. Kompleksnya dikelilingi pagar dan bangunan pesanggrahan. Pesanggrahan di sebelah barat adalah kompleks bangunan kamar dengan halaman teras dan juga kolam pemandian. Di mana kolam pertama memiliki diameter 4,5 meter dan di bagian tengahnya mempunyai pancuran air.

Berbeda dengan kolam pertama yang memiliki bentuk lingkaran, kolam kedua ini mempunyai bentuk bujur sangkar. Ukuran sisinya sebesar 10 x 4 meter, dan kolam kedua ini saling berkaitan. Kolam yang berada di depan kamar, jadi pada saat melihat pemandangan luar akan langsung dilihatkan dengan pemandangan kolam.

Kemegahan Arsitektur Bangunan

Namun, bangunan yang berada di pinggir jalan raya ini tampak depan tak terlalu megah. Hanya terlihat seperti bangunan lama dengan tembok di sekelilingnya. Akan tetapi jangan salah, jika anda masuk ke dalamnya ada bangunan yang cukup megah. Lengkap dengan kamar dan juga taman serta kolamnya.

Situs Bangunan Warungboto ini memberikan suatu kemegahannya dari bangunan batu yang tersusun tinggi dan kokoh. Dinding-dindingnya tampak sekali kokoh. Struktur bangunan dengan lorong, pintu, serta jendela dengan aksen lengkung pada bagian atasnya yang menarik.

Taman yang seperti dikepung oleh bangunan kamar pun memberikan penampakan yang megah. Terkadang kolam tak terisi air dan pancuran tak menyemburkan air. Akan tetapi kesan megah dan indah masih tetap ada. Dinding yang nampak usang justru menambah kesan estetis di bangunan yang megah ini.

Spot Foto Di Situs Bangunan Warungboto

Daya tarik utama dari Situs Warungboto ini adalah tempat-tempatnya yang sangat instagramable. Foto di sini untuk mengisi sosial media sampai prewedding cocok dilaksanakan di bangunan ini. Ada berbagai macam spot-spot menarik yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto.

Spot foto utama yakni pada taman yang mana dikelilingi oleh bangunan kamar. Apabila berfoto di tengah-tengah, pengunjung akan memperoleh objek kolam dan juga taman. Dengan background pintu masuk yang bagian atas bentuknya melengkung. Pun, dikelilingi oleh tembok-tembok kamar.

Di sini juga ada lorong-lorong yang cukup mengerikan akan tetapi indah. Pengunjung juga bisa berfoto di lorong ini. Cahaya yang menembus melewati celah-celah dan pintu untuk menambah estetika pada saat berfoto.

Lokasi Situs Bangunan Warungboto Jogja

Objek wisata yang satu ini bertempat di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Jogja. Situs ini bertempat persis di pinggir jalan raya, sehingga akan cukup mudah untuk dikunjungi. Pengunjung bisa datang ke sini dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. naga wisata


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.