Embung Sendangtirto – Sejak orang nomor satu RI yakni Bapak Joko Widodo (Jokowi) merilis tentang sudah menjadi ketidakharusan lagi memakai masker atau sebagai pilihan opsional untuk masyarakat Indonesia ketika berada di luar ruangan, mulai banyak destinasi atau tempat wisata yang kini ramai kembali dengan pengunjung sebagai tanda sudah membaiknya sebuah keadaan.

Sebab membaiknya keadaan, orang-orang telah mulai berbondong-bondong mencari destinasi lain sebagai refreshing sesudah penantian yang panjang. Tempat wisata di kota Yogyakarta ini sudah mulai banyak tempat wisata yang ramai dengan pengunjung hingga ada juga munculnya tempat wisata baru yang dapat dimasukkan ke daftar kunjungan.

Melihat di tahun 2021, di mana hal ini masih menjadi angka naiknya kasus pandemi COVID-19 dan belum seperti saat ini. Hal ini nampaknya malah menjadi sebuah hal positif untuk warga desa Sendangtirto. Mengapa begitu?

Embung Sendangtirto – Sebab pada saat itu, menjadi kesempatan bagi mereka dalam memanfaatkan lingkungan dengan adanya pembangunan Telaga Sendangtirto. Pembangunan Telaga Sendangtirto ini sendiri mempunyai tujuan utama yaitu sebagai penyediaan daerah konservasi dan irigasi lahan persawahan di area desa Sendangtirto.

embung sendangtirto

Embung Sendangtirto

Embung Sendangtirto – Telaga Sendangtirto posisinya ada di di desa Sendangtirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DIY. Letaknya sendiri ada di tengah-tengah persawahan desa yang cukup banyak penduduknya. Sehingga, untuk bisa mengakses ke embung sendiri relatif mudah akan tetapi jalannya tak terlalu bagus sebab masih dalam tahap pengembangan sampai saat ini

Untuk bisa sampai ke Embung Sendangtirto ini, harus menempuh jarak sekitar kurang lebih 9,4 kilometer dari titik 0  km Yogyakarta sekitar kurang lebih selama waktu 23 menit perjalanan memakai kendaraan pribadi seperti motor dan juga mobil. Dalam perkembangannya, embung sendiri selain menjadi penyedia daerah konservasi dan irigasi lahan sawah, yaitu juga menjadi salah satu tempat wisata yang bisa membangkitkan perekonomian dari warga setempat.

Embung Sendangtirto pada mulanya hanya lahan persawahan dan pohon saja yang lalu dikembangkan menjadi embung dengan dana bantuan dari pemerintah. Pembangunan Telaga Sendangtirto ini, dipahami bisa mencapai dana senilai Rp. 8,6 miliar yang pada proses pengerukan lahan sendiri dilaksanakan sejak April dan selesai di bulan November tahun 2021.

Pada Desember 2021 yang lalu, Telaga Sendangtirto ini telah mulai dipakai masyarakat setempat. Bahkan, tidak sedikit dari masyarakat yang memakai embung ini sebagai tempat track olahraga seperti jogging, skipping dan lain-lain. Ukuran embung ini sendiri dikatakan tidak begitu besar akan tetapi juga tak begitu kecil, dengan kapasitas tampungan air sebesar 31.881,34 meter kubik dengan tampungan hidup kisaran 27.860,34 meter kubik dan tampungan mati kisaran 4.021 meter kubik.

Gambaran Tempat Wisata di Telaga Sendangtirto

Embung Sendangtirto – Pembuka jalan sebelum masuk ke area wisata sendiri sudah bagus dengan mempunyai lampu taman yang menjulang,tinggi dengan konsep yang memiliki kesan kental akan budaya yogya meskipun pada jalan sebelum menuju ini sendiri masih nampak kurang seab masih dalam tahap pengembangan sebab posisinya juga yang ada di tengah-tengah sawah dinilai cukup sulit.

Sesudah melalui jalan pembuka, anda akan melihat tulisan yang bertuliskan nama embung ini dengan cat warna oren agak kuning di mana nampak masih terlihat masih baru dan tujuan utamanya yakni Embung Sendangtirto yang lokasinya tepat di belakang tulisan tersebut atau persisnya berada di arah barat dari tulisan itu.

Di sisi kiri tulisan dari Telaga Sendangtirto sendiri, ada banyak warga setempat yang memanfaatkan dengan membuka toko atau warung kecil untuk berjualan sampai membuka wahana permainan seperti skuter, becak mini, dan lain-lain.

Di sisi kanan tulisan atau persisnya berada di utara embung ada beberapa gazebo yang dijadikan tempat duduk atau peristirahatan. Kemudian di sana juga ada kamar mandi yang masih cukup bersih, mushola, dan tempat pertemuan yang kecil.

Embung Sendangtirto ini mempunyai tangga ke bawah untuk bisa melihat embung lebih dekat dan menjadi jalur jogging yang paling sering dipakai oleh masyarakat untuk dapat turun ke bawah harus melalui sisi kiri dan kanan tulisan “Telaga Sendangtirto” dan juga ada pohon besar yang berlokasi di posisi sedikit menjorok ke air embung.

Saat anda ke sana, anda disarankan untuk berangkat jam 6 pagi yang mana akan merasakan sensasi tak terlalu ramai, mungkin akan melihat beberapa orang termasuk para penjual, dan saat semakin siang sudah mulai banyak pengunjung seperti ada rombongan dari suatu komunitas, atau warga biasa yang memang sengaja datang untuk menikmati keindahan dari Telaga Sendangtirto.

Di sisi lain, embung ini sendiri sebelahnya yaitu kandang sapi yang mana akan membuat pengunjung merasa kurang nyaman dengan hal ini. Karena hewannya yang mungkin dapat berulang kali mengeluarkan kotoran..

Baca Juga : Embung Tegaltirto

Pendapat Pengunjung

Embung Sendangtirto – Saat anda duduk di bangku taman dekat dengan embung, anda akan melihat keindahan dari embung yang luar biasa. Perpaduan antara air dan juga fenomena ala mini seperti memijat rasa penat, melupakan sejenak masalah, berkunjung ke sini adalah pilihan yang tepat.

Banyak pengunjung baru pertama kali ke Telaga Sendangtirto ini sebab rekomendasi dari teman-teman. Rasa penasaran itulah yang membawa mereka bisa ke sini  Tempatnya masih cukup bersih, mulai banyak spot-spot yang dapat dijadikan tempat foto, ada banyak permainan yang bisa dicoba seperti skuter, becak dan mainan yang lain.

Telaga Sendangtirto ini, menurut beberapa pihak terlihat masih cukup banyak spot atau tempat yang dapat dikembangkan lagi selagi tempat wisata ini belum memiliki umur 1 tahun. Seperti diperbanyak lagi tumbuhan yang ada di sekitarnya, lalu untuk tempat buang sampah juga diperbanyak supaya mengantisipasi kotornya embung ini dari oknum-oknum yang sering membuang sampah sembarangan.

Di sisi lain, seperti yang ditulis sebelumnya, bahwa EmbungSendangtirto ini sebelahnya ada kendang sapi yang terkadang cukup mengganggu kenyamanan pengunjung. Mungkin, kandang dapat dipindahkan posisinya atau diberikan batas antara embung dengan kandang sapi supaya bau tak sedapnya tak tercium dan agar pengunjung tak merasa terganggu akan hal ini.

embung sendangtirto

Tempat Peringatan Hari Air Sedunia

Embung Sendangtirto – Pada kesempatan lalu, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) dengan Kementerian PUPR dan masyarakat dari Sendangtirto, Berbah, Sleman, menanam pohon kelengkeng kristal dan menebar ribuan benih ikan dalam rangka dengan puncak peringatan hari air sedunia yang ke-30.

Kepala BBWSO Dwi Purwantoro memberikan pernyataan pembangunan Telaga Sendangtirto yang dilakukan sejak 2021 lalu awalnya memiliki tujuan untuk menyediakan daerah konservasi dan irigasi lahan persawahan di area tersebut. Dalam perkembangannya, embung ini menjadi sarana rekreasi dan bisa membangkitkan perekonomian warga.

Embung Sendangtirto – Untuk bisa mendukung perkembangan embung ini, BBWSO mulai menanami pohon dan menyebar benih ikan. Penanaman pohon produktif di area kawasan embung ini diharapkan juga bisa dimanfaatkan oleh warga setempat.

Hari ini pihak terkait menanam 20 pohon kelengkeng kristal di Telaga Sendangtirto. Harapan mereka di tahun depan telah berbuah dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Mereka juga melepas ribuan bibit ikan di dalam embung. Hal ini dilakukan dalam rangka memeriahkan di sela kegiatan memperingati Hari Air Dunia di Telaga Sendangtirto, Berbah, Rabu.

Selain di Telaga Sendangtirto, BBWSO juga menanam 5.000 pohon di beberapa titik mulai dari barat di Serayu hingga timur sampai akhir tahun. Pihak tersebut berharap, makin banyak pohon yang di tanam maka keperluan air bersih untuk generasi mendatang dapat makin terjaga. Embung ini mempunyai kedalaman kisaran 2,5 sampai 3 meter dan tak mengalami penurunan walau di musim kemarau. Pemakaian bronjong untuk penahan di area Embung Sendangtirto juga dilaksanakan supaya air dari sumber mata air setempat dapat masuk dan tertampung ke dalam area embung.

Rencanakan Kunjungan Anda

Embung Sendangtirto – Di sini telah menjadi tempat wisata dan dapat mengoperasikan ekonomi sekitar. Bangunan ini dititipkan pada masyarakat dan diharapkan bisa membawa manfaat yang baik bagi masyarakat. Makanya selain membantu meningkatkan ekonomi sekitar, anda akan dibawa pergi ke suatu keindahan karena apa yang ada di sini cukup berhasil membuat siapa saja terpukau.

Mata anda tidak akan berhenti-hentinya menatap sebab, perpaduan antara sajian yang ada di sini sungguh memikat. Udara yang sejuk dan berbeda dari kota Jogja sendiri membuat EmbungSendangtirto ini layak untuk dikunjungi. Rute menuju ke sini pun cukup mudah, karena berada di jalur utama sehingga anda tidak akan menemui jalanan yang masih rusak, akses yang gampang sehingga perjalanan kali ini, anda akan diuntungkan.Mencapai sesuatu yang indah tidak selalu sulit, kadang ada cara yang mudah tetapi kita enggan mengambilnya, salah satunya berkunjung ke sini. 3 naga wisata


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.