Waduk / Embung Tambakboyo di Kab. Sleman, DIY Yogyakarta. Memberikan pemandangan dan suasana yang mempesona. Telaga Tambakboyo, merupakan salah satu tempat wisata alam murah yang ada di Sleman, DIY Yogyakarta. Sering kali dijadikan sarana olahraga gratis untuk anak muda. Sebab berlokasi tidak jauh dari pusat kota dan area kampus  di berbagai macam perguruan tinggi.

Embung atau Waduk Tambakboyo mempunyai luas 7,8 Ha. Suatu waduk yang menampung air dari Sungai Buntung dan juga Sungai Tambak Bayan. Menjadi wilayah konservasi air dalam memenuhi keperluan air ketika musim kemarau muncul. Memiliki manfaat untuk pengairan, dan cadangan air bagi PDAM.

Telaga ini memiliki kapasitas 400.000 m3 ini menjadi sumber resapan air tanah daerah Kab. Sleman, Bantul, dan juga Kota Yogyakarta.

Lokasi Telaga Tambakboyo

Telaga atau Embung Tambakboyo ini bertempat di Condong Catur, Kab. Sleman, DIY. Akses untuk bisa sampai ke waduk ini cukup gampang. Jika anda dari arah persimpangan lampu merah UPN, arahkan kendaraan anda ke arah utara. Menuju kampus UII FE sampai mentok, kemudian belok ke kanan.

Alamat persis dari tempat wisata yang satu ini yakni Condong Catur, Depok, Ngringin, Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kab. Sleman, DIY. Genangan air dari embung ini mencakup 2 desa, yakni Desa Wedomartani, Kec. Ngemplak, dan Desa Condongcatur, Kec. Depok.

Harga Tiket Masuk

Hanya dengan bayar biaya parkir senilai Rp3.000 untuk roda 4, Rp2.000 untuk roda 2 Rp1.000 untuk sepeda, dan gratis bagi pejalan kaki pengunjung bisa melaksanakan berbagai kegiatan gratis dengan pemandangan alam yang ada di tengah kota.

Jam buka dari obyek wisata Telaga Tambakboyo ini dibuka 24 jam. Akan tetapi angan berkunjung pada malam hari karena hari akan semakin gelap dan penerangan belum sepenuhnya bisa menerangi setiap sudut Embung Tambakboyo

Pesona Telaga Tambakboyo

Telaga Tambakboyo, selain sebagai area untuk konservasi air, juga menjadi lokasi wisata ruang terbuka yang hijau. Dapat menjadi tempat masyarakat untuk olahraga dan bahkan memancing. Ada beberapa jenis ikan yang hidup di waduk ini mempunyai rata-rata kedalaman sampai 7 meter ini. Antara lain ikan nila, wader, kotes, dan juga ikan sepat.

Embung Tambakboyo indah
Pemandangan di Embung Tambakboyo

Wisata murah meriah Embung Tambakboyo ini menjadi sebuah tempat wisata yang cukup menyenangkan untuk semua kalangan. Terutama untuk kalangan mahasiswa. Mereka bisa menghabiskan waktu untuk sejenak melepas penat dengan melakukan kegiatan olahraga di sini. Seperti melaksanakan aktivitas jogging, yoga, senam, dan juga bersepeda.

Atau melaksanakan kegiatan lain seperti membuat karya digital, foto, memancing, dan juga berkuda. Tak perlu takut lapar ketika sudah lelah berkeliling di Telaga Tambakboyo. Sebab ada banyak pedagang kaki lima dan beberapa cafe di sekelilingnya. Salah satu cafe yang sempat buka selama masa pandemi ini yakni Simbil Eatery and coffee. Café ini memberikan menu lebih dari 20 menu makanan rumahan dan juga makanan ringan.

Baca juga

Embung Tegaltirto

Memakai konsep self service dengan kisaran biaya Rp3.000 sampai dengan Rp35.000. Suasananya pun nyaman dengan pemandangan Telaga Tambakboyo. Akan membuat pengunjung cafe ini merasa puas dan betah untuk sejenak nongkrong atau mengerjakan pekerjaan lain.

Fasilitas yang Ada di Telaga Tambakboyo

Walaupun Telaga Tambakboyo adalah objek wisata yang murah, akan tetapi embung ini mempunyai banyak sekali fasilitas, antara ain:.

  • Musholla
  • Area parkir
  • WC umum
  • Jajanan yang banyak
  • Trek olahraga

Rekomendasi Terbaik

Berkunjung ke waduk ini di pagi hari begitu disarankan. Sebab selain matahari masih belum terlalu terik, anda juga akan memperoleh udara yang lumayan cukup segar. Apabila beruntung, anda dapat menikmati keindahan dari Embung Tambakboyo dengan pemandangan dari gunung Merapi dan warna langit yang begitu indah. Bagi anda yang akan berlibur di Yogyakarta, jangan lupa disempatkan berkunjung ke Telaga Tambakboyo 

Suatu danau buatan atau lebih populer dengan sebutan embung, merupakan tampungan air untuk keperluan irigasi di saat musim kemarau. Di Jogja ada banyak sekali embung buatan yang jika ditelusuri lebih dalam menarik untuk dikunjungi. Salah satu embung itu yakni Telaga Tambakboyo.

Telaga Tambakboyo ada di Condong Catur, Kab. Sleman, DI Yogyakarta. Posisinya cukup mudah sebab dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Tak sulit untuk menemukan lokasi ini sebab dari persimpangan lampu merah UPN ambil arah utara ke kampus FE UII, lalu lurus terus sampai mentok lalu belok kanan dan tibalah anda ke Telaga Tambakboyo.

Hanya akan Ditarif Parkir Saja dan Sering Dilaksanakan Aktivitas Memancing atau Jogging

Embung ini bisa dikatakan menjadi wisata murah di Jogja. Untuk masuk ke lokasi ini anda tidak dikenakan biaya alias gratis hanya tinggal membayar biaya parkir saja. apabila kendaraan roda dua seperti motor anda akan disuruh membayar Rp. 2.000, mobil Rp. 3.000 dan untuk sepeda Rp. 1.000. apabila anda ke lokasi dengan jalan kaki maka tak dikenai biaya alias gratis.

Seperti embung pada biasanya, Embung Tambakboyo ini dipakai sebagai cadangan sumber air area Sleman, Yogyakarta, dan Bantul. Menurut informasi yang beredar, pembangunan embung ini menghabiskan waktu sampai 5 tahun dan dana sebesar Rp. 51.572.005.245.

Embung Tambakboyo

Pengunjung yang hadir ke Embung Tambakboyo ini umumnya merupakan kalangan mahasiswa. Mereka membunuh waktu dengan hadir ke lokasi ini untuk seenak melepas penat dari rutinitas, lalu ada yang memanfaatkan dengan hal lain, seperti olahraga Jogging, bersepeda, sampai pemotretan model.

Berkeliling di Embung Tambakboyo ini cukup direkomendasikan, anda akan disuruh memilih berangkat pagi dan sore nuansanya tak begitu terik sebab tertutup tebing. Satu putaran Telaga Tambakboyo ini kisaran sampai 1,7 km.

Di sekeliling embung masih ada cukup banyak pepohonan yang menghijau di mana menghasilkan pemandangan yang cukup cantik. Jika cuaca sedang bagus, Anda dapat menyaksikan pemandangan Telaga Tambakboyo dengan background megahnya gunung Merapi. Sehingga obyek wisata ini cukup cocok sebagai tempat untuk melepas lelah dari kegiatan sehari-hari. Waktu yang cukup pas untuk bisa menikmati suasana embung ini pada pagi dan juga sore hari. Pada waktu itu banyak orang yang memanfaatkan area embung ini sebagai tempat untuk berolahraga. Jalan berkonblok yang mana mengelilingi embung ini seluas kurang lebih 7,8 Ha tersebut sering dimanfaatkan sebagai jalur jogging atau bersepeda.

Di sisi lain, embung ini juga menjadi favorit untuk mereka yang hobby memancing. Di Embung Tambakboyo ini mempunyai banyak jenis ikan yang hidup, seperti ikan nila, ikan lele, ikan gabus, ikan bawal, dan ikan-ikan lain, akan tetapi ikan nila sangat mendominasi di antara ikan-ikan yang. Waktu cukup ramai untuk memancing dilaksanakan di pagi hari antara jam 05.00 sampai dengan 10.00, sore antara jam 15.00 sampai 18.00 dan malam hari antara jam 20.00 sampai dengan 01.00. jika anda merasa lapar, tak perlu khawatir, sebab di Telaga Tambakboyo banyak warga setempat yang membuka warung-warung kecil dengan harga yang cukup murah.

Kalau Foto Di Telaga Tambakboyo Anda Dapat Melihat Merapi Cantik Jadi Backgroundnya

Pemandangan di embung ini memang begitu menarik. Ada pemandangan Merapi yang bisa hadir apabila cuaca mendukung. Di sisi lain warna sunset di langitnya juga makin bagus. Untuk berkunjung ke embung ini direkomendasikan tak pada siang hari, sebab matahari dapat membakar kulit anda.

Sekitar Embung Tambakboyo ini masuknya masih gersang, banyak tempat di kisaran yang belum ditanami dengan pohon-pohon. Selain anda yang hobi olahraga, anda juga dapat memperoleh ketenangan batin dengan memancing di embung ini. Menurut para hobi yang mancing di sini, ikan di lokasi ini begitu banyak.

Untuk fasilitas yang ada di sini sendiri di Telaga Tambakboyo ini bisa dikatakan cukup lengkap. Ada kios makanan dan juga minuman yang mana menjajakan pada saat perut melanda. Di sisi lain terdapat ada juga penginapan yang dapat dipakai pada saat larut di Telaga Tambakboyo.

Memang ada banyak kekurangan yang terdapat di embung ini, seperti bau kotoran binatang, lalu sampah masih berserakan di beberapa titik. Masih banyak yang belum peduli terhadap sampah ini, karena faktor ini Telaga Tambakboyo jadi kurang nyaman untuk dikunjungi.

Di luar itu, apabila anda ke Embung Tambakboyo dan bertemu dengan sunrise dan sunset, anda akan berhenti sebentar, keindahan yang tercipta dari fenomena tersebut akan membuat anda terhipnotis. Sungguh merupakan tempat terbaik dalam menikmati sunrise dan sunset yang ada di Yogyakarta. Anda tidak percaya? Silahkan datang sendiri dan rasakan sendiri bagaimana merdunya siulan alam saat kedua fenomena tersebut terjadi.  3 naga wisata


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.